© 2016 GALERI BUKU JAKARTA. ALL RIGHTS RESERVED.
 

W.S. Rendra: Mempertimbangkan Tradisi

W.S. Rendra: Mempertimbangkan Tradisi

(Pidato Rendra Pada Penerimaan Penghargaan

Dari Akademi Jakarta)

 

HARI ini Akademi Jakarta telah memberikan hadiah penghargaan kepada saya sebagai seorang seniman.

Hadiah penghargaan itu saya terima dengan baik. Terima kasih. Selanjutnya perkenankan saya mengutarakan kegirangan hati saya karena mendapatkan penghargaan ini.

Pepatah mengatakan: “Di dalam ilmu silat tidak ada juara nomor dua, di dalam ilmu surat tidak ada juara nomor satu”.

Tentu saja: di dalam persaingan di rimba persilatan, yang tinggal jaya hanyalah juara nomor satu, sebab yang nomor dua sudah terbunuh di dalam pertarungan; sedangkan di dalam ilmu surat, ukuran apa yang akan dipakai untuk menetapkan juara nomor satu? Bukankah ilmu surat itu cermin kehidupan? Maka kehidupan itu banyak seginya. Dan semua segi kehidupan itu penting. Jadi, para ahli ilmu surat itu, yang masing-masing mencerminkan segi berbeda dari kehidupan, tidak mungkin dipertandingkan. Semuanya nomor satu. Tidak ada yang lebih unggul dari lainnya.

Jadi mustahil bila saya menganggap bahwa penghargaan dari Akademi Jakarta ini bisa menjadi ukuran mutu bagi kesenian saya, di dalam perbandingannya dengan karya seniman-seniman lain yang  tidak mendapatkan hadiah pada tahun ini.

Maka kegembiraan saya hari ini tidak ada hubungannya dengan rasa unggul.

Lalu apakah dasar kegembiraan saya yang sangat besar hari ini?

            Di kota di mana saya tinggal, di Yogya, sejak pementasan drama saya Mastodon dan Burung Kondor, saya belum pernah diizinkan untuk melakukan pementasan sandiwara lagi. Alasan pelarangan-pelarangan terhadap pementasan saya itu tidak bisa diterima oleh akal sehat.

Oidipus Berpulang dan Lysistrata yang sudah diizinkan di Jakarta itu, tidak diizinkan untuk dimainkan di Yogya.

Naskah Oidipus Berpulang itu dilarang karena dinilai tidak sesuai dengan naskah Sophocles yang asli. – Tetapi apakah ada undang-undang yang melarang penyaduran?

Sedang Lysistrata dilarang berdasarkan pertimbangan atasan, serta mengingat “situasi dan kondisi di Daerah Istimewa Yogyakarta saat itu”. – Astaga, jadi rupa-rupanya saat ini, menurut keterangan di dalam surat polisi ini, Yogya dalam keadaan sedemikian rupa sehingga pementasan sebuah sandiwara semacam Lysistrata saja dianggap akan bisa membahayakan suasana. Kalau begitu secara tidak langsung diakui bahwa Yogya penuh dengan keadaan yang tidak normal. Ataukah keadaan Yogya diakui selalu tegang dan gawat terus-menerus? – Bagaimanakah sebenarnya? Sebagai penduduk Yogya saya kurang tahu duduk perkara keadaan aneh semacam itu. Pemerintah Pusat, para wakil rakyat, dan para wartawan harus menyelidiki “situasi yang dikuatirkan oleh polisi Yogya tersebut di atas. Apakah para atasan yang disebut oleh polisi itu benar sudah tidak bisa menguasai suasana sehingga mereka menjadi repot hanya oleh sebuah sandiwara? Ini harus benar-benar diselidiki. Apakah mereka takut menghadapi sindiran dan kritikan? Kalau begitu apakah kewibawaan mereka sudah sedemikian tipis sehingga gentar menghadapi kritikan?

            Syahdan, para ksatria dan raja-raja bijaksana didalam wayang tidak pernah mengamuk karena kritikan-kritikan dari Semar, Bagong dan Petruk. Mereka selalu menanggapi kritikan-kritikan itu dengan baik. Mereka adalah ksatria dan raja-raja yang bijaksana yang bisa diajak bicara. Karena itu mereka mendapatkan wibawa. – Lain daripada para raja raksasa.

Mereka tidak punya Semar, Bagong, Gareng, dan Petruk yang memberikan kritikan-kritikannya. Mereka penuh gairah angkara murka, adigang-adigung-adiguna, penuh roso risi = rasa bersalah, sehingga mereka tidak tahan terhadap kritikan. Mereka kasar. Mereka hanya bisa menekan dan melarang. Mereka tidak bisa diajak bicara.

Mereka hanya punya kekuasaan, tetapi mereka tidak punya wibawa, oleh karena itu mereka tidak tahan terhadap kritikan yang dilancarkan dalam goro-goro atau adegan banyolan yang penuh sindiran.

Setelah wayang mencapai saat: goro-goro itu, hanya para ksatria yang bisa tinggal jaya, para raksasa tak bisa jaya sesudah itu. Ya, bagaimana cara penguasa menghadapi goro-goro itulah ukuran mutunya. Kita akan segera bisa melihat apakah ia termasuk ksatria atau raksasa.

Adapun sandiwara-sandiwara saya tak lebih dari sebuah goro-goro. Di Dalam goro-goro Semar, Bagong, Gareng dan Petruk memang melancarkan kritikan yang menginginkan keadilan yang merata, namun tidak menyarankan perubahan kekuasaan. Goro-goro yang sudah saya mainkan di Jakarta tidak pernah menimbulkan anarki, karena pada hakikatnya saya antianarki. Jadi kenapa para atasan yang disebut oleh polisi di Yogya itu melarang goro-goro saya yang menentang anarki itu? Ini menimbulkan keprihatinan saya yang dalam.

Rendra tengah beraltih teater bersama rekan-rekannya di halaman rumahnya yang jadi markas Bengkel Teater di Kampung Ketanggungan, Yogya, 1970. (Photo: Arsip Rumah Budaya Tembi)

 

Tiba-tiba di dalam keprihatinan saya itu, datanglah keputusan Akademi Jakarta  untuk memberikan penghargaan kepada saya. Inilah suatu keseimbangan di dalam masyarakat yang menjadi rahmat bagi saya.

Itulah sebabnya kenapa hari ini saya benar-benar bergembira dan bersyukur sedalam-dalamnya.

Ah, sekarang saya ingin gantian berbuat sesuatu untuk Akademi Jakarta. Saudara-saudara telah berkenan untuk memberi penghargaan kepada saya, maka kini saya pun berkenan untuk memberikan tanda mata kepada Saudara-saudara. Tanda mata saya ini bernama goro-goro.

Orang-orang di kampung saya, di Ketanggungan, Yogya, dan juga orang tua saya, tidak bisa membayangkan apakah Akademi Jakarta itu. Sesungguhnya banyak orang yang belum pernah mendengar tentang adanya Akademi ini, dan baru sekarang mereka membicarakannya.

Banyak di antara mereka menyangka bahwa Akademi Jakarta ini semacam Akademi Bank, atau Akademi Bahasa Asing, atau Akademi Kesenian, atau semacam itu.

Salah tampa rakyat banyak yang semacam ini wajar sekali, sebab sampai sekarang Akademi Jakarta belum berbuat sesuatu yang dengan kuat menyangkut kepentingan mereka, dan belum pernah pula Akademi Jakarta mempunyai bahasa yang kuat untuk menjelaskan kehadirannya.

Saya sendiri juga susah dalam memberikan jawaban kepada mereka perihal lembaga Saudara-saudara ini.

Nama “Akademi” selalu mengingatkan saya kepada pabrik pengangguran, sekolah-sekolah yang miskin metoda dan serba melahap kesimpulan-kesimpulan pemikiran asing tanpa mengolah daya pencernaan yang baik!

Beberapa hari sebelum saya datang kemari untuk menerima penghargaan ini, sering kali, sambil mengasuh anak bungsu saya di bawah pohon-pohon nangka, di kampung saya, di Ketanggungan, Yogya, saya merenung, mencoba mencari-cari kaitan Akademi Saudara-saudara dengan dunia saya. – Ya, bagi orang kampung seperti saya, apakah artinya Akademi semacam itu?

Di Prancis memang ada Akademi Prancis, didirikan oleh Richelieu. Maksudnya untuk setiap kali membuat takaran resmi bagi kebudayaan yang berkembang di masyarakat. Ini penting bagi Prancis waktu itu, karena merupakan tuntutan dari bentuk politik monarki absolut. Waktu itu, disesuaikan dengan kebutuhan politis Raja Louis kebudayaan harus bercorak neoklasik. Satu per satu, seniman Prancis waktu itu, dipaksa bertekuk lutut terhadap aliran neoklasik. Corneille menderita, mencoba bertahan, tetapi akhirnya bertekuk lutut juga. Hanya Moliere yang sanggup bertahan terhadap tekanan dari Akademi Prancis.

Dan kini Akademi Jakarta.

Apakah saya sekadar melahap ataukah saya akan mencernakannya? Ini suatu laku yang penting untuk menentukan kelangsungan hidup saya.

Nama Akademi Jakarta memang mengingatkan saya kepada Akademi Prancis, lalu terlintas pula di dalam renungan saya bagan-bagan masyarakat yang merupakan kesimpulan pikiran dan pengalaman orang Barat. Apakah saya harus mengaitkan kedudukan Akademi Jakarta ke sana?

Wah, ini tidak sesuai dengan alat pencernaan orang kampung seperti saya.

Selera bisa dibina, pencernaan selalu berkiblat kepada lingkungan.

Jadi saya akan mencoba mengaitkan Akademi Jakarta dengan alam pikiran dan pengalaman lingkungan saya.

Bencana dan keberuntungan manusia ialah bahwa ia terdiri dari roh dan badan. Modern atau tidak modern, manusia harus mempertahankan keseimbangan antara roh dan badannya, demi kesehatan.

Di dalam masyarakat modern atau bukan modern, pembagian roh dan badan itu tetap ada. Lembaga hukum, adat-istiadat, kebiasaan-kebiasaan itulah badan. Naluri dan mimpi, itulah roh. Adalah tugas para ulama, cendekiawan, dan seniman untuk menjaga peranan roh masyarakat. Kerja sama dengan badan harus dilakukan. Keseimbangan harus dijaga.

Kesepuluh anggota Akademi Jakarta adalah cendekiawan-cendekiawan dan seniman-seniman yang terpandang, dan masing-masing sudah nyata jasanya. Di zaman dulu orang-orang seperti mereka disebut empu-empu. Dan kedudukan mereka masing-masing di dalam mata masyarakat, adalah penjaga nilai-nilai rohani.

            Maka, raja berumah di keraton dan empu berumah di angin. Begitu kata pepatah yang tersangkut di rantang pohon.

Jadi kenapa kesepuluh empu ini mesti dilembagakan? Bukankah sejauh-jauhnya empu berkelembaga, pasti hanya menjadi lembaga setengah badan?

Rupa-rupanya di dalam saat perubahan masyarakat diperlukan secara mengakar, maka raja atau pengatur lembaga selalu berusaha untuk setengah melembagakan empu-empu itu. Maksud saya bukannya mengubah cendekiawan itu menjadi teknokrat, sebab itu artinya membadankan mereka sama sekali, tetapi hanya sekadar setengah membadankan saja.

Maksudnya tentulah untuk mengatur ketangkasan masyarakat di dalam mengadakan perubahan-perubahan yang diperlukan, sesuai dengan kebutuhan bersama.

Maka apabila empu-empu ini seluruhnya dibadankan menjadi patih atau teknokrat, akan hilanglah kemampuan mereka untuk dipakai sebagai imbangan rohani oleh raja. Tetapi apabila setengah dibadankan saja, maka mereka akan lebih bisa dirapikan untuk kepentngan ketangkasan kerja sama, sementara itu mereka masih mampu memiliki kewibawaan rohani.

Dahulu di zaman kehinduan akan ditanamkan di Indonesia, dan masyarakat memerlukan perubahan tata kemasyarakatan serta tata pertanian yang mengakar, maka empu-empu juga diusahakan oleh raja untuk setengah dilembagakan. Pada saat itu empu-empu dipindahkan dari padepokan-padepokan dan mulai berumah di keraton. Banyak pujangga menjadi pujangga keraton. Dukun menjadi dukun keraton semacam Empu Lohgawe, meskipun saat itu empu-empu pembuat keris tetap sukar untuk dikeratonkan dan banyak di antara mereka, tetap tinggal di angin, seperti Empu Gandring, Empu Supo Pertama, dan lain-lain.

Kejadian ini berulang lagi waktu agama Islam mula-mula masuk ke Jawa. Waktu itu Islam memberikan kesegaran kepada kemacetan masyarakat yang terlalu dijuruskan oleh Gajah Mda kepada kebudayaan pertanian, sehingga sangat lemah kebudayaan perdagangannya; apalagi setelah Syahbandar Tuban hijrah ke Malaka dengan segenap kapal dan modal-modalnya. Islam yang masuk waktu itu juga berarti tambahnya kembali kekuatan perdagangan. Raja Islam yang mengganti kekuasaan Majapahit sanggup menghadapi kekuatan perdagangan bangsa Portugis. Sultan Trenggono dengan gilang-gemilang bisa merebut kembali Sunda Kelapa dari tangan orang-orang Portugis. Ia adalah raja yang membawa pembaruan kepada masyarakat. Empu-empu, ya, ulama-ulama, yang penting  disetengah-lembagakan menjadi wali, sehingga menjadi Wali Sembilan. Ada juga empu yang tidak mau disetengah-lembagakan, ia ingin tetap berumah di angin, yaitu Syekh Siti Jenar.

Sekarang di zaman kita ini, perubahan masyarakat perlu diadakan secara mengakar, sebab kebudayaan Jawa Baru yang kepriayian, yang sudah kehilangan kerakyatannya itu, serta juga sisa-sisa kebudayaan penjajahan yang sok barat tetapi tidak ilmiah itu, perlu diganti dengan kebudayaan baru yang lebih memberi kesempatan kepada nilai-nilai analitis dan logis, serta juga mengutamakan keadilan kerakyatan, tanpa melupakan dasar agama yang kuat tertanam di dalam naluri bangsa.

Tentu saja, demi ketangkasan kerja sama di dalam masyarakat dalam memperjuangkan perubahan itu, para empu, yah, maksud saya cendekiawan-cendekiawan, ulama dan seniman perlu juga disetengah-badankan. Jadi akhirnya saya bisa menerima dan mengatakan kedudukan Akademi Jakarta, Dewan Kesenian Jakarta, Majelis Ulama, dan lain sebagainya kepada kebutuhan masyarakat.

Meskipun tentu saja akan tetap ada cendekiawan atau seniman yang tidak mau disetengah-badankan, misalnya saya, dan banyak lagi yang lain. Yah, saya ingin tetap tinggal di angin.

Begitulah memang seharusnya keseimbangan di dalam masa-masa perubahan. Badan + setengah roh, setengah badan + roh. Salah satu ditiadakan, keseimbangan akan terguncang. Tugas penjaga roh, yaitu mereka yang berumah di angin, adalah untuk mencari imspirasi dan daya hidup. Tugas penjaga badan, yaitu yang berumah di keraton adalah untuk menjalankan pelaksanaan, menjaga setengah badan = adalah mereka yang berumah di dewan, untuk menyebarkan nilai roh dan nilai badan sehingga menjelma menjadi perumusan yang bisa dilaksanakan. Inilah tugas yang berat dan gawat, karena menurut kebijaksanaan dan kematangan jiwa.

Rendra (tengah) bersama Iwan Fals dan Sawung Jabo. (photo koleksi http://sidomi.com)

Saya percaya bahwa orang-orang yang berkualitas semacam itu ada di dalam masyarakat kita. Tetapi saya tidak percaya bahwa orang itu bisa bersifat dewa. Saya tidak bisa percaya bahwa ada orang bisa maju penuh sementara ia berumah di angin dan sekaligus berumah di keraton atau di dewan. Disiplin bekerja antara ketiga golongan itu sungguh-sungguh berbeda.

Orang yang tinggal di keraton harus bekerja dengan rencana: rencana pelaksanaan, rencana tempat, rencana waktu, rencana keamanan. Orang yang tinggal di angin tidak punya rencana ruang karena ia meruang: ia tidak punya rencana waktu karena didalam alam; kemarin dan esok adalah hari ini; ia tidak punya perhitungan untung rugi karena di mata alam: bencana dan keberuntugnan sama saja; ia tidak mencari ketika  di luar dirinya karena begitu ia mengalami langit di luar dan langit di badan bersatu dalam jiwanya:  … itulah ketikanya!

Maka, orang yang berumah di dewan, lain lagi disiplinnya: mereka harus menjaga agar selalu ada ruang dalam pikiran, perasaan, dan perkataannya untuk diplomasi. Merekalah yang bertugas untuk menjaga agar pertentangan roh dan badan tidak menjelma menjadi perang, tetapi menjadi diplomasi. Segala persaolan harus mereka  hadapi dengan disiplin ilmu silat pedang. Adapun menggenggam pedang itu seperti menggenggam burung: terlalu longgar dipegang ia terbang, terlalu erat dipegang ia mati.

Begitulah besarnya perbedaan disiplin antara ketiga golongan itu. Sehingga tidak mungkin satu golongan merangkap menjadi golongan lain pula.

Orang yang berumah di angin harus mendapat keadilan di dalam keseimbangan masyarakat di dalam alam semesta.

Syekh Siti Jenar sesungguhnya tak usah dibunuh. Sebab nilai rohani yang menghalalkan pembunuhan semacam itu sudah menjadi budak dari badan. Itulah kesalahan Sunan Kudus, wali yang terlalu membudak kepada badan. Ia lah yang memulai timbulnya keguncangan keseimbangan antara roh dan badan.

Kerajaan Demak jatuh diganti Kerajaan Pajang yang cuma singkat usianya, lalu jatuh pula, lalu diganti oleh kekusaan Panembahan Senopati pendiri Kerajaan Mataram II.

Orang-orang priayi Jawa Baru menganggap Panembahan Senopati adalah teladan utama. Tetapi sebenarnya ia adalah raja yang buruk dan liar. Salah seorang putranya disuruh membunuh ibunya. Salah seorang putrinya disuruh menjadi ronggeng, memikat hati seorang pemberontak, menjadi isterinya dan akhirnya lalu menjadi jalan kematiannya. Sesudah itu hampir pula putrinya itu ia bunuh juga karena sudah terlanjur mengandung anak dari benih pemberontak itu. Untung bisa dicegah oleh salah seorang putranya. Dan terhadap raja yang sewenang-wenang ini tak ada suara roh yang berani menentangnya. Suara-suara roh sudah disirnakan oleh Sunan Kudus dengan bantuan wali-wali lainnya.

Akhirnya Sultan Agung, cucu Panembahan Senopati, menambah parah kegawatan imbangan itu.

Ia merasa mendapat wahyu cakraningrat, yaitu wahyu untuk menjadi raja dan pendeta sekaligus, roh dan badan sekaligus. Suara roh makin tak ada  jadinya. Ia bergerak tanpa imbangan dan aturan.

Lalu mulailah Mataram mewarisi kepriayian yang bertele-tele itu. Daya cipta yang segar parah. Kebudayaan Jawa Baru hanyalah kebudayaan gincu dan rendah-renda, roh yang polos lemah suaranya, diganti dengan kecerdikan yang gemerlapan.

Sungguh besar ongkos yang harus dibayar karena menyingkirkan orang-orang yang berumah di angin.

Orde Lama jatuh karena mencap orang-orang yang berumah di angin sebagai golongan antirevolusi, sehingga tak ada lagi imbangan kontrol yang bisa memberi tanda bahaya.

Dan sekarang bagaimanakah keadaan orang-orang yang berumah di dewan saat sekarang?

Rakyat ingin melihat dan membuktikan, apakah orang-orang yang berumah di dewan sanggup membela orang yang berumah di angin? Apakah mereka sanggup merapikan orang yang berumah di keraton? Apakah mereka sanggup membela keadilan kerakyatan dengan lebih mendorong agar bisa tercapai demokratis politik yang lebih bijaksana? Apakah mereka sanggup lebih mendorong terlaksananya demokrasi ekonomi? Apakah mereka sanggup mendorong tercapainya demokrasi pendidikan? Sebab inilah semua alur perubahan yang diperlukan untuk membela rakyat.

Tetapi juga ini: apakah orang-orang yang berumah di dewan akan sanggup mendorong agar nilai ilmiah benar-benar bisa diterapkan di dalam melaksanakan kemajuan? Yang saya maksud, agar urutan 5 disiplin ilmiah: mengumpulkan fakta, menyusun fakta, menganalisa fakta, membuat kesimpulan dan membuktikan kesimpulan, benar-benar bisa diterapkan di Indonesia. Tanpa salah satu dari kelima disiplin itu tidak akan mungkin bisa ada penghayatan ilmiah. Jadi sangat penting agar penghayatan ilmiah bisa dilaksanakan rakyat bahwa semua fakta bisa terbuka untuk mereka, dan mereka pun harus dibebaskan untuk mengumpulkan fakta apa saja.

            Selanjutnya harus pula ada kesempatan untuk membuktikan kesimpulan-kesimpulan yang sudah ada. Tanpa kesempatan-kesempatan semacam itu sikap ilmiah adalah omong kosong.

Dalam hubunganya dengan renungan saya di kampung Ketanggungan, itulah kaitan Akademi Jakarta dengan kepentingan rakyat.

Nama “Akademi” memang asing, tetapi dalam takaran soal ini, tak perlu menjadi masalah lagi. Kata “wali” toh juga kata asing tadinya.

Yang penting tantangan kepada mereka sudah saya ucapkan. Sudah terang tantangan serupa itu tidak cukup bisa dijawab dengan memberikan hadiah-hadiah semacam ini. Saya masih menunggu kapan lagi Akademi Jakarta akan bisa mengundang orang-orang yang berumah di angin untuk berpidato di masyarakat terbuka yang diselenggarakan oleh Akademi. Saya masih ingin melihat buku-buku apa yang akan diterbitkan. Dan juga ingin menyaksikan bagaimana pelaksanan-pelaksanaan lain yang lebih nyata.

Sekarang saya ambil hadiah dari Akademi Jakarta. Terima kasih.

Saya akan kembali ke angin.

Kemarin dan esok

adalah hari ini

Bencana dan keberuntungan

sama saja

Langit di luar

langit di badan

bersatu dalam jiwa

1975

***

 

*Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Sepulang memperdalam pengetahuan  drama di American Academy of Dramatical Arts, ia mendirikan Bengkel Teater. Sajak-sajaknya mulai dikenal luas sejak tahun 1950-an. Antara April-Oktober 1978 ditahan Pemerintah Orde Baru karena pembacaan sajak-sajak protes sosialnya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Kumpulan puisinya: Balada Orang Tercinta (1956; meraih Hadiah Sastra Nasional BMKN 1955-56); Empat Kumpulan Sajak (1961); Blues untuk Bonnie (1971); Sajak-sajak Sepatu Tua (1972); Potret Pembangunan dalam Puisi (1983); Disebabkan oleh Angin (1993); Orang-orang Rangkasbitung (1993); Perjalanan Bu Aminah (1997); Mencari Bapak (1997). Buku-buku puisinya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, yaitu: Indonesia Poet in New York (1971; diterjemahkan Harry Aveling, et.al.); Rendra Ballads and Blues (1974; Harry Aveling, e.al.); Contemporary Indonesian Poetry (1975; diterjemahkan Harry Aveling), ia pun menerjemahkan karya-karya drama klasik dunia, yaitu: Oidipus Sang Raja (1976); Odipus di Kolonus (1976); Antigone (1976); Ketiganya karya Sophocles, Informan (1968; Bertoit Brecht); SLA (1970; Arnold Pearl). Pada 1970, Pemerintah RI memberinya Anugerah Seni dan lima tahun setelah itu ia memperoleh penghargaan dari Akademi Jakarta.

**Sumber: Rendra, Mempertimbangkan Tradisi, PT Gramedia, Jakarta, 1984.

 

 

Written by

Galeri Buku Jakarta (GBJ) merupakan portal berita literasi; “halaman kebudayaan” yang memuat dan menayangkan karya-karya tulis (literature) mau pun ragam karya seni lain dalam bentuk fotografi, video, mau pun lukisan dengan tujuan mendampingi proses pembangunan manusia Indonesia. Kirim karyamu ke email redaksi: galeribukujakarta@gmail.com Twitter @galeribuku_jkt

No comments

LEAVE A COMMENT