Submission

Bagaimana menulis untuk Galeri Buku Jakarta?

Kami berusaha dengan penuh dan juga kehatian-hatian atas kiriman naskah yang ditujukan untuk galeribukujakarta.com—untuk membaca dan mempertimbangkan penayangan setiap karya yang dikirimkan.

Kami tidak selalu menerima banyak naskah baik esai, cerpen, kolom atau puisi—tetapi tim editorial kami juga terbatas dan bekerja secara mandiri sekaligus voluntary. Terkadang untuk beberapa naskah yang cukup memadai kami memberikan feedback untuk perbaikan sebelum pemuatan, paling lambat satu bulan setelah kami menerima naskah, terkadang tidak sama sekali, dan hal itu berarti Anda bebas untuk mengambil kemmbali naskah dan mengirimkannya untuk publikasi di media lainnya.

Undangan Menulis—Editor’s Note

Tulislah ide-gagasan dari pandangan dunia anda dalam kolom atau esai yang memberi pembaca kami suatu visi dan alternatif pemikiran, cara memandang dunia, selain tentu saja pengayaan pengetahuan.

Kami terkadang ambisius, untuk mempublikasikan di laman ini 1000 kajian/ kritik buku yang paling layak direkomendasikan untuk pembaca kami yang antusias. Sehingga kami memberikan ruang lebih pada Kajian/ Kritik buku baik buku-buku terbitan indonesia mau pun dunia.

Minat juga suatu harapan yang terbuka untuk kami memperdalam proyek penerjemahan yang disajikan oleh para penulis (sekaligus pembaca kami) pada kurun waktu lalu. Kami berharap dari Anda suatu penerjemahan secara langsung dari bahasa asli ke dalam bahasa indonesia, mau pun dari bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia—meliputi puisi dan cerpen juga interview yang akan memberi dampak pada proses pertukaran kebudayaan secara global. Mengambil perjalanan kebudayaan melalui karya terjemahan, melihat kemungkinan dan moderasi yang mungkin bagi perkembangan dunia kita. Suatu proyek “penerjemahan” dalam arti yang luas. Kerja yang menajamakan akal sehat kita sebagai manusia. Terjemahan sendiri, terjemahan kolaboratif, dan atau pendekatan lainnya atas proyek demikian akan sangat membantu kami dan para pembaca Galeri Buku Jakarta.

How to Submit

Kirim tulisan anda berupa kolom gagasan/ ide, kajian buku, cerpen, puisi, dan karya terjemahan melauai email redaksi: galeribukujakarta@gmail.com dengan batas karakter tulisan tidak lebih dari 1200 kata. Kirimkan hanya satu artikel dengan bio singkat—kecuali puisi, anda bisa mengirimkan 4 puisi (dengan total tidak lebih dari 4 halaman).

Secara teknis kami berharap anda memperhatikan hal berikut ini: Unggah tulisan/ puisi dalam satu dokumen Ms. Word 97-2003 atau File RTF. Gunakan font Times New Roman, spasi satu, ukuran huruf 14.

Important Notes:

  • Harap kirimkan hanya satu kiriman tulisan pada satu waktu per kategori/ rubrik, dan tunggu sampai Anda mendapat kabar dari kami sebelum kembali mengirimkan karya baru—atau jika telah melampaui tempo satu bulan setelah kiriman sebelumnya.
  • Kami hanya memberikan tanggapan pada tulisan yang dimuat, atau karena kebutuhan perbaikan. Kami sangat mengapresiasi kesabaran dan pemakluman yang anda berikan.
  • Kami hanya mempertimbangkan karya yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Tulisan yang muncul secara online dengan alasan apapun, termasuk postingan media sosial, dianggap sudah pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak boleh dikirimkan.
  • Khusus untuk puisi dan cerpen, Anda berhak mengirimkan ke media lain pada moment lebih pendek—tetapi Anda harus memberikan pemberitahuan pada kami jika karya Anda telah lebih dulu dipublikasikan media lain.
  • Galeri Buku Jakarta dikelola secara mandiri dan tidak terafiliasi ke sumber pendanaan mana pun sehingga kami tidak bisa memberikan honorarium apa pun dalam bentuk uang atas tulisan yang dipublikasikan.
  • Kirimkan tulisan hanya melalui email redaksi: galeribukujakarta@gmail.com
  • Galeri Buku Jakarta memiliki produk cetak dan juga digital dalam bentuk majalah dan newsletter, selain terutama produk dari tim editorial kami, terkadang kami mengambil dari tulisan yang kami terima untuk galeribukujakarta.com sehingga terkait hak atas karya, kami ingin Anda memahami kesepakatan ini: bahwa Galeri Buku Jakarta berhak atas publikasi karya Anda, baik untuk mengambil sebagian atau utuh sebagai materi dalam produk turunan kami—itu meliputi sosial media, majalah mau pun newsletter—tanpa terlebih dahulu mengajukan konfirmasi, tetapi kami memastikan bahwa pencantuman nama Anda sebagai pengarang. Sebaliknya Anda tetap berhak sepenuhnya atas karya Anda atas keperluan hak publikasi dan hak cipta.
  • Terimakasih untuk mendukung kami dan berkenan membagikan karya terbaik Anda untuk galeribukujakarta.com .

Salam Hormat Kami

Sabiq CarebesthFounder, Editor In Chief