© 2016 GALERI BUKU JAKARTA. ALL RIGHTS RESERVED.
 

8 Tips Menulis Cerpen ala Kurt Vonnegut

“Write to please just one person. If you open a window and make love to the world, so to speak, your story will get pneumonia.”

Menulis adalah upaya melawan lupa, Menulis juga merupakan upaya untuk mencatat sejarah. Namun, tidak semua orang bisa mencurahkan pikiran, perasaan, ide dan gagasannya ke dalam kata-kata. Tidak heran jika para penulis terkenal banyak yang memberikan tips-tips bagaimana cara menulis yang baik.

Kurt Vonnegut seorang penulis (lahir 11 November tahun 1922 dan meninggal pada 11 April 2007) dari Amerika Serikat adalah penulis yang mampu memadukan komedi hitam, fiksi ilmiah dan satir. Kepada kita ia telah mencatat 8 tips bagaimana menulis sebuah cerita pendek yang bagus. Penasaran? Simak tips menulis ala Kurt Vonnegut berikut:

  1. Seorang penulis harus mempertimbangkan waktu dari si pembaca, agar mereka tidak merasakan waktunya habis sia-sia karena membaca cerita kita.
  2. Berikan kepada pembaca seorang karakter yang bisa memberikan kesan
  3. Setiap karakter harus menginginkan sesuatu, walaupun hanya segelas air putih
  4. Setiap kalimat harus mengerjakan satu atau dua hal—misalnya mengungkapkan suatu karakter atau melakukan sebuah tindakan
  5. Membuat cerita sedekat mungkin dengan akhir cerita jika memungkinkan, atau tidak bertele-tele
  6. Jadilah seseorang yang sadis. Tidak peduli seberapa manisnya atau polosnya si karakter utama, buatlah sesuatu yang buruk tentang mereka agar si pembaca mengerti jika mereka adalah karakter yang dibuat oleh penulis
  7. Menulislah dengan tujuan untuk membuat senang satu orang saja
  8. Berikan informasi kepada pembaca secepat mungkin. Tidak peduli dengan ketegangan. Pembaca harus memiliki pemahaman lengkap tentang seperti apa cerita akan terjadi, di mana dan mengapa, bahwa mereka bisa menyelesaikan ceritanya sendiri, dan biarkan kecoa saja yang memakan halaman terakhir dari cerita.

Apakah anda penulis cerita yang gemar membangun narasi panjang pada paragraph pertama dan lupa memberi informasi karakter dan tokoh-tokohnya? Tips Kurt Vonnegut tentu akan jadi pengingat keras buat Anda. Selamat menulis… (*)

Written by

Penterjemah, seorang pekerja sosial dan pecinta buku. @GuiSusan

No comments

LEAVE A COMMENT