© 2016 GALERI BUKU JAKARTA. ALL RIGHTS RESERVED.
HomeHow To Write

How To Write

Bagaimana Menulis untuk Galeri Buku Jakarta? 

Galeri Buku Jakarta adalah halaman kebudayaan yang bersiasat sebagai media alternatif di ranah seni dan sastra. Ia dibuat sebagai wadah bagi kemungkinan-kemungkinan perkembangan kajian humaniora, sastra, seni dan budaya, tentang sejarah dan politik, tentang keadaan dunia internasional dan perkembangan ekonomi, tentang sains dan teknologi, juga tentang filsafat dan kebudayaan.

Sebagai media alternatif dari terbatasnya ruang untuk tulisan sastra, kritik buku dan catatan filsafat-humaniora di media cetak mau pun laman online indonesia, Galeri Buku Jakarta bermaksud untuk menampung kemungkinan dari keragaman semangat berkarya, vitalitet dalam sastra dan kritik terhadap perkembangan buku-buku di Indonesia, serta pandangan kritis dalam esai dan kolom menyangkut kondisi zaman dan kemanusiaan kita. Apa yang kami inginkan adalah adanya kemudahan akses, keragaman penulis, melimpahnya ide dan tema yang akan berguna bagi pembaca Jakarta khususnya dan indonesia pada umumnya.

Demikian kilas wacana di atas diharapkan bisa sedikit menjawab banyak pertanyaan yang ditujukan pada kami seputar “Apa tema yang harus ditulis untuk Galeri Buku Jakarta?”, “Adakah kami harus menulis tema khusus?”, “Tulisan apa saja yang bisa diterima oleh laman Galeri Buku Jakarta?”

Untuk pertanyaan yang terakhir, kami membuka peluang untuk semua ragam tulisan baik berupa Cerpen, Puisi, Esai Ekonomi Politik dan Kolom Kebudayaan, Kritik Buku, Kajian Filsafat, mau pun berita dari agenda sastra dan budaya yang dilakukan pembaca dengan komunitasnya masing-masing.
Kriteria umum untuk tulisan Galeri Buku Jakarta:

  1. Asli, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan sekadar kompilasi, bukan rangkuman pendapat orang lain .
  2. Belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain termasuk Blog (kecuali untuk menu/ kategori Blog).
  3. Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang aktual, relevan, dan menjadi persoalan publik.
  4. Tulisan mengandung hal baru yang belum pernah dikemukakan penulis lain, baik informasinya, pandangan, pencerahan, pendekatan, saran, maupun solusinya.
  5. Uraiannya bisa membuka pemahaman atau pemaknaan baru maupun inspirasi atas suatu masalah atau fenomena.
  6. Penyajian tidak berkepanjangan, dan menggunakan bahasa populer/luwes yang mudah ditangkap oleh pembaca yang awam sekalipun.
  7. Menyertakan data diri/daftar riwayat hidup singkat dalam satu paragraph (termasuk alamat sosial media dan nomer telepon / HP)
  8. Alamat e-mail redaksi: redaksi@galeribukujakarta.com Cc: galeribukujakarta@gmail.com

 

Ragam Tulisan Untuk Galeri Buku Jakarta:

  • PUISI
    Puisi silakan mengirim paling banyak 6 judul puisi/sajak. Ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis, foto diri, dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi. Tulisan dikirim dan dilampirkan via email dalam format RTF. Tema puisi bebas tapi kami mengutamakan tema seputar kota, dunia urban dan keterasinganya.

 

  • CERPEN
    Cerpen ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis, foto diri, dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi. Tulisan dikirim dan dilampirkan via email dalam format RTF. Panjang tulisan maksimal 9000 karakter termasuk spasi.

 

  • BOOK REVIEW

Kritik/Reseni buku ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi serta melampirkan foto cover buku dan data buku. Panjang tulisan maksimal 5000 karakter atau 700 kata. Buku yang diresensi tidak harus baru, tapi diutamakan buku-buku bertema sastra, filsafat dan humaniora.

  • ESAI & KOLOM

Esai Sosial Politik mau pun Kolom Kebudayaan ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi. Panjang tulisan maksimal 6000 karakter. Tema bebas. Diutamakan esai-esai yang cenderung pada filsafat dan merupakan respon atau kritik atas tema-tema faktual.

  • JURANAL DAN PEMIKIRAN

Jurnal dan Filsafat (Kajian Filsafat) ditulis sebagai esai kritis atas suatu pemikiran filsafat tertentu dalam beragam tema dan kajian filsafat yang luas. Termasuk di dalamnya mengkaji tokoh/filsuf dan kritik pemikiran. Kajian ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi.

  • ART NEWS & LITERATURE

Laporan Kegiatan/ Berita dari aktifitas komunitas di tulis dalam standar tulisan jurnalistik atau feature atas acara bertema sastra, seni dan budaya baik berupa pameran seni, bedah buku, diskusi publik, profile komunitas mau pun berita seputar tokoh sastra sebagai feature yang menggugah (disertai minimal 4 foto terkait). Panjang tulisan tidak lebih dari 7000 karakter.

  • INTERESTING LITERATURE

Merupakan rubric khusus di mana penulis bisa bercerita tentang proses kreatifnya sendiri, mau pun kajian atas proses kreatif penulis lainnya. Juga bisa berupa memoir personal dengan buku-buku atau dengan proses di dalam sastra dan kesenian yang inspiratif dan menggugah. Tulisan disajikan dalam bentuk esai mau pun interview. ditulis dengan program Microsoft Word, font Times New Roman, size 12, spasi satu, disertai dengan biodata singkat penulis dan nomer telepon selular yang bisa dihubungi. Panjang tulisan maksimal 7000 karakter dengan spasi.

 

Jakarta, 1 September 2016

Tim Keredaksian GBJ

No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.