Connect with us

Budaya

Beragama dengan Sederhana dan Teologi Keluguan

mm

Published

on

Tidak Mengetahui Apa-Apa adalah Sumber Kehidupan yang Bahagia.—Desiderius Erasmus

Agama sejatinya dekat dengan urusan kemanusian, demikianlah sedikit dari pemikiran Desiderius Erasmus. Ia lahir di Rotterdam, Belanda pada tahun 1469 dan merupakan seorang sarjana dan editor pertama dari kitab Perjanjian Baru.

Erasmus dan pemikirannya dipengaruhi oleh metode filologi yang dipelopori oleh kaum humanis Italia. Erasmus membantu meletakkan dasar bagi studi historis-kritis tentang masa lalu, terutama dalam studinya tentang Perjanjian Baru Yunani dan para Bapa Gereja.

Tulisan Erasmus pada akhirnya berkontribusi pada pada penggantian kurikulum skolastik yang lebih tua oleh penekanan humanis baru pada klasik. Dengan mengkritik pelanggaran gerejawi, sambil membandingkan masa lalu yang lebih baik. Erasmus kemudian mendorong adanya sebuah reformasi, yang mencoba mempertemukan antaran Reformasi Prostetant dan Kontra-Reformasi Katolik. Sikap Erasmus yang mencoba untuk lebih independent di tengah kontroversi konfesional yang sengit yaitu menolak antara doktrin Luther tentang Predestinasi dan kekuatan yang diklaim untuk kepausan – sehingga Erasmus kemudian menjadi target kecurigaan dimata partisan dari kedua sisi.

Erasmus sendiri dikenal sebagai seorang filsuf yang humanis. Risalah dalam “In Praise of Folly” yang ditulis oleh Erasmus pada tahun 1509, mencerminkan gagasan-gagasan Humanis yang mulai membanjiri seluruh Eropa selama tahun-tahun awal era kebangkitan atau renaissance, dan memainkan peran kunci dalam reformasi.

Tulisan Erasmus merupakan sindiran jenaka tentang korupsi dan perselisihan doktrinal dari gereja katolik. Namun sebenarnya Erasmus juga memiliki pesan yang serius,  ia menyatakan bahwa kebodohan—di mana Erasmus menyebutnya sebagai ketidaktahuan yang naif – adalah bagian penting dari ‘menjadi manusia’, dan pada akhirnya hal inilah yang membawa manusia kepada kebahagiaan dan kepuasan yang paling besar. Erasmus kemudian menyatakan bahwa pengetahuan, di sisi lain, dapat menjadi beban dan dapat menyebabkan komplikasi yang mungkin membuat kehidupan menjadi sulit.

Iman dan Kebodohan

Dalam penalaran Erasmus, ia menegaskan bahwa agama juga adalah bentuk kebodohan, dalam keyakinan seharusnya hanya diletakkan pada keyakinan itu sendiri dan tidak bisa dikaitkan dengan penalaran. Erasmus menolak pencampuran antara rasionalisme Yunani kuno dengan teologi Kristian oleh filsuf abad pertengahan, seperti St Augustine of Hippo dan Thomas Aquinas sebagai intelektualisasi teologis yang mengklaim bahwa itu adalah akar penyebab dari korupsi iman agama.

Erasmus sendiri mendukung kembalinya keyakinan sederhana yang tulus yaitu dengan individu membentuk hubungan pribadi dengan Tuhan, dan bukan yang ditentukan oleh doktrin katolik.

Erasmus menasihati kita untuk menerima apa yang dia lihat sebagai semangat sejati dari kitab suci—kesederhanaan, keluguan dan kerendahan hati. Erasmus percaya bahwa itulah sifat dasar manusia yang memegang kunci kehidupan bahagia. (*)

*) diterjemahkan Susan Gui (ed; Sabiq Carebesth), dari “Happy is He Who Has Overcome His Ego”  (The Philosohy Book; DK London, 2011).

Continue Reading

Budaya

Amrus dan Perkumpulan Seniman Petarung

mm

Published

on

“Membabi-buta kejam sekali, saudara sendiri diperlakukan semena-mena. Putus dan dibalik Kebenaran. Kami dijadikan penghianat bangsa. Boleh dimatiin seperti anjing liar di jalanan.” (Puisi Dua Puluh Satu, Amrus Natalsya)

“Dulu sebelum rumah ini jadi, malah ramai yang berkunjung ke sini. Rata-rata mahasiswa, tapi sekarang sudah tidak pernah,” kata Amrus Natalsya lirih. Bola matanya yang sudah menguning dan keruh menerawang. “Kalian mau nginap? Kalau mau biar disiapkan. Di mana saja ya, nanti digelarkan tikar,” ujarnya dengan suara bergetar namun cukup terdengar lantang.

“Terima kasih pak. Kami harus pulang ke Jakarta. Tidak ada persiapan untuk bermalam,” ujar kami bersamaan. Saya melihat telepon selular yang ada di saku, waktu sudah pukul 5 sore. Setelah mengambil gambar bersama melalui kamera telepon seluler, kami pun pamit undur diri.

Saya bersama empat rekan yang lain, Kreshna, Palupi, Isma dan Laras memang tidak diundang datang ke galeri milik Amrus Natalsya yang berada di perkampungan warga di Cigombong, Lido, Bogor tersebut. Kebetulan saja, beberapa hari sebelum kedatangan, ada rekan yang memberitahukan kalau ada galeri mantan aktivis Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) di Bogor.

Info awalnya sebenarnya bukan galeri milik Amrus Natalsya, melainkan galeri Lekra. Saya pun merasa penasaran, apakah benar perkataan seorang teman, ada galeri Lekra di Bogor. Rasa penasaran itu tentu saja muncul. Bagaimana pun nama Lekra masih dilekatkan dengan stigma buruk; lembaga kebudayaan yang menjadi bagian Partai Komunis Indonesia (PKI) dan terlibat kudeta 1965.

Saya pun meminta Kreshna menelusuri di internet.

“Bukan galeri khusus Lekra, tapi galeri punya pendiri Sanggar Bumi Tarung, Amrus Natalysa,” kata Kreshna. Sanggar Bumi Tarung merupakan wadah para seniman Lekra bidang seni rupa. Sanggar ini didirikan di Yogyakarta, oleh para mahasiswa Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), tahun 1961 silam, salah satunya Amrus Natalsya.

Selain Amrus, ada beberapa nama pendiri lainnya seperti Djoko Pekik, Isa Hasanda, Adrianus Gumelar, Hardjija Pudjanadi, Sudiyono SP, Dj. M. Gultom, Sudjatmoko dan Misbach Tamrin. Nama terakhir ini terbilang cukup dekat dengan Amrus.

”Misbah sering datang. Dia tinggal di Kalimantan, tanah kelahirannya. Ini ada buku tentang Misbah dan teman-teman Bumi Tarung Saya lagi nunggu, katanya mau dikirimin,” ujar Amrus menunjukkan buku berjudul Berlayar di Tengah Badai; Misbach Tamrin dalam Gemuruh Seni Politik yang tergeletak di meja depan kami.

Tahun 2011 silam, para pendiri sanggar Bumi Tarung reuni dan menggelar pameran berjudul “50 Tahun Bumi Tarung” di Galeri Nasional, Jakarta. Saat pameran itu, dari sekian banyak anggota Bumi Tarung, tinggal sembilan perupa yang tersisa, yakni Amrus Natalsya, Djoko Pekik, Misbach Tamrin, Isa Hasanda, Suhardjijo, Adrianus Gumelar, Dj. Gultom, Soediono, dan Muryono.

Reuni dan pameran Bumi Tarung cukup menyedot perhatian. Setengah abad lalu, seniman yang tergabung dalam Lekra baik itu di ruang sastra maupun rupa terkenal dengan kedisiplinannya. Mereka juga terikat dengan metode 1.5.1, suatu prinsip kebudayaan yang diusung Lekra. Di buku autobiografinya yang berjudul Berlayar di Tengah Badai; Misbah memaparkan metode tersebut. Metode “1.5.1” ini, kata Misbah, saling melengkapi satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

Beberapa koleksi lukisan Amrus Natalsya

Satu (1) yang disebut awal adalah prinsip menempatkan “Politik sebagai Panglima.” Lima (5) di tengah menunjukkan lima petunjuk operasional artistik, yakni “meluas dan meninggi”, “tinggi mutu ideologi dan tinggi mutu artistik”, “tradisi baik dan kekinian revolusioner”, “kreativitas individual dan kearifan massa”, serta “realisme sosial dan romantik revolusioner”. Sedangkan satu (1) terakhir merupakan penyeimbang dari dua sebelumnya, yaitu prinsip “Turun ke Bawah alias Turba”.

Prinsip ini merujuk pada penempatan secara langsung pengalaman para seniman dalam kehidupan masyarakat bawah. Pada saat turba, seniman Lekra tidak boleh menjaga jarak dengan rakyat, dan bukan datang sebagai tamu yang dilayani, melainkan harus menjadi bagian dari rakyat jelata. Tak heran, dalam beberapa hasil karya perupa Bumi Tarung yang tersisa, tema tentang kehidupan petani dan buruh selalu menjadi yang utama.

Karya-karya tersebut sebagian masih terpajang di galeri milik Amrus. Kepada Amrus, keinginan bertanya soal relevansi prinsip itu pun tak tertahankan. ”Kalau zaman kami dulu, itu zamannya Nasakom. Kalau zaman sekarang nggak tau zaman apa ini. Bingung. Sudah tidak ada perang dingin lagi kan. Peristiwa G30S itu juga akibat perang dingin. Mungkin sudah tidak lagi relevan politik sebagai panglima,” kata Amrus.

Selain lukisan tentang petani, di galerinya, terlihat banyak lukisan yang menggambarkan suasana perkampungan cina atau pecinan. Lukisan tersebut digambarnya di atas kanvas maupun kayu mahoni yang dicukil lalu dilukis. ”Oh itu lukisan yang dulu pernah dipamerkan. Ini menggambarkan Etnis Tionghoa sudah jadi bagian bangsa Indonesia, sekaligus sebagai penghormatan atas tragedi 1998 yang menimpa mereka,” kata Amrus.

***

Waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang. Mobil Avanza yang kami tumpangi dari Jakarta menuju kawasan Bogor menepi, tepatnya di depan gerbang masuk Lido Resort yang berada di pinggir Jl Raya Bogor-Sukabumi Km 21. Menurut blog yang menjadi panduan kami, galeri tersebut berada tidak jauh dari Lido Resort. Patokannya gapura di pinggir jalan, lalu masuk ke dalam jalan tersebut.

Setelah bertanya dengan beberapa penjaga di gerbang Lido Resort, kami memutuskan untuk menyusuri jalan perkampungan di seberang Lido Resort. Kreshna mengingat, ada beberapa tanda menuju galeri Amrus, selain gapura yang berwarna kuning, juga terdapat kantor polisi. Sekitar dua ratus meter menyeberang dari gerbang Lido Resort, terlihat ada gapura yang berada dekat dengan kantor polisi.

Gapura tersebut tidak berbeda jauh dengan deskripsi yang tertulis di blog. Hanya saja, warna gapura tersebut sekarang menjadi merah. Mobil pun memasuki gapura dan menyusuri jalan yang hanya bisa dilalui satu mobil tersebut. Sekitar 200 meter dari gapura, Isma berkata, “tuh galerinya. Ada tulisan Galeri Amrus. Di sebelah kiri jalan, masuk gang.”

Melihat jalan yang sangat sempit, akhirnya mobil diparkirkan di lahan material pinggir jalan. Kami pun berjalan menghampiri galeri. Baliho bulat yang bertuliskan Galeri Amrus ternyata hanya dipasangkan di atas warung yang kebetulan menghadap muka jalan. Sementara posisi galeri berada di samping gang.

Galeri Amrus Natalsya

Galeri Amrus berbentuk rumah, dengan halaman terbuka dan pagar yang ditumbuhi tumbuhan rambat. Ketika memasuki pagar, terlihat banyak kandang unggas yang berisi kalkun, ayam kate dan burung sejenis parkit. Di ruang tengah, terlihat banyak jejeran lukisan kanvas. “Dari mana ya ade-ade?”tanya seorang perempuan yang sudah cukup sepuh.

Setelah memperkenalkan diri, kami pun dipersilakan duduk. Ibu itu bernama Atai, istri ketiga Amrus. Ibu Atai merupakan perempuan asli Lido. “Bapak lagi berobat ke kota, di RS PMI. Tadi siang berangkatnya,” kata Bu Atai. Bu Atai menyuruh kami untuk beristirahat sembari melihat-lihat karya seni yang ada di pelataran galeri.

Di salah satu sudut galeri, terlihat seorang pemuda yang sedang melukis. ”Sedang melukis apa kang?”pertanyaan itu meluncur. “Oh ini, hanya sedang menambahkan warna saja. Ini karya bapak, saya hanya membantu pewarnaan saja. Nanti detilnya bapak yang finishing,” kata pria bernama Asrul

Menurut Asrul, Amrus masih sangat jeli dan detil jika sudah bicara soal karya rupa. “Apalagi kalau cukil kayu, waduh, itu bapak detil sekali. Ini contohnya,” katanya sambil menunjukkan salah satu karya cukil yang berada di dekatnya. Asrul sudah setahun mengikuti Amrus. Ia mengakui banyak belajar dengan menjadi asisten Amrus.

Galeri Amrus ini cukup luas. Menempati lahan sekitar 700 meter. Hampir seluruh temboknya tidak ada yang dicat, melainkan masih diselimuti semen yang tidak diaci. Galeri ini berdiri setinggi tiga lantai, yang tiap lantainya terdapat pajangan lukisan-lukisan Amrus. Bu Atai mengajak kami mengunjungi beberapa sudut ruangan galeri.

“Ini mungkin salah satu karya bapak yang paling serius saat ini. Pesenan Pak Fadli Zon. Barusan orangnya nelepon, bisa ke rumah gak. Tapi kan bapak lagi kontrol di rumah sakit,” kata Bu Atai sambil menunjukkan sebuah bidang kayu yang sangat besar. Karya tersebut berbentuk kerumunan orang yang sedang tawaf mengelilingi Ka’Bah. “Karya ini sudah dikerjakan selama beberapa tahun,” sambung Bu Atai.

Selain sebagai politikus, Fadli Zon memang dikenal sebagai sejarawan dan kolektor karya seni. Menurut Ibu Atai, sudah beberapa kali Fadli main dan memesan beberapa karya dari Amrus. Meski dikenal sangat membenci anasir-anasir komunisme, Fadli cukup dekat dengan Amrus. Bahkan di buku puisi Amrus, Fadli memberikan epilog.

***

Sebagai seorang seniman, Amrus bersama kawan-kawannya di Bumi Tarung pernah mengalami masa keemasan. Terlebih di era Orde Lama, Presiden Soekarno sangat memperhatikan seniman-seniman yang revolusioner. Pada tahun 1964, ia dan anggota Bumi Tarung mengadakan pameran selama Konferensi Seni Sastra Revolusioner (KSSR) yang diinisiasi PKI.

Keterkenalannya sebagai pematung kayu yang dikagumi Bung Karno semakin melambungkan namanya di kalangan seniman revolusioner. Bersama pelukis Batara Lubis, dan karikaturis A Sibarani, Amrus pernah menjadi delegasi yang mewakili pemuda Indonesia di acara Pekan Pemuda se-Dunia di Wina, Austria. Selain itu, ia juga pernah diundang oleh Uni Soviet, Tiongkok dan Saudi Arabia.

Namun, seiring dengan memanasnya situasi politik nasional, Bumi Tarung mulai merasakan beratnya konsekuensi atas pilihan ideologi berkeseniannya itu. Puncaknya, ketika terjadi gerakan 30 September 1965 (G-30-S), mereka dituduh sebagai anggota PKI. Patung kayu karya Amrus berjudul Epos Perjuangan Revolusi 1945 pesanan Hotel Duta dan patung Keluarga Tandus di Senja di Akademi Ali Archam dibakar massa.

Teman-temannya seperti Harmani dan Harjatno, ditangkap dan digebuki hingga tewas.  Para anggota Bumi Tarung yang di Yogyakarta, seperti Sutopo, Djoko Pekik, Suroso, dan Sudiyono S.P., ditahan. Ng. Sembiring yang pulang ke kampung halamannya di Sumatera Utara juga ditahan. Sementara Misbah Tamrin seperti yang diceritakannya dalam buku Berlayar di Tengah Badan terciduk di Banjarmasin, Kalimantan. Misbah sendiri dipenjara selama 13 tahun tanpa proses pengadilan.

Sementara Amrus, Isa Hasanda, dan Dj. Gultom yang menyelamatkan diri berpindah-pindah tempat tinggal di Jakarta. Namun ketiganya juga tertangkap pada 1968 lewat “Operasi Kalong”. Amrus tertangkap di rumah kontrakannya yang berada di bilangan Grogol, Jakarta Barat. Berbeda dengan Misbah yang dipenjara hingga belasan tahun, Amrus hanya mengalami masa penahanan selama lima tahun, dari 1968-1973.

Dari seluruh anggota Bumi Tarung, Kuslan Budiman yang sedikit beruntung. Ketika itu, ia berada di Tiongkok untuk mempelajari Teater Rakyat. Karena huru-hara tahun 1965 itu, ia tidak bisa kembali ke Tanah Air; dari Tiongkok pindah ke Moskow hingga akhirnya menetap dan menjadi eksil di Belanda.

Amrus Natalsya

Usai keluar dari penjara, para seniman Bumi Tarung memulai segala sesuatunya untuk bertahan hidup dengan stempel “eks-tapol” yang membatasi gerak dan gagasan mereka. Amrus menjadi juru foto keliling, sedangkan Djoko Pekik pernah berprofesi sebagai tukang jahit. Keduanya memberikan gambaran tentang sulitnya kehidupan sekitar 30 anggota Bumi Tarung ketika itu.

Namun sembari berseloroh, Amrus mengatakan saat ini kawan-kawannya di Bumi Tarung yang masih hidup sudah kaya raya. “Lihat itu Pekik, lukisannya laku miliaran rupiah. Sudah kaya dia… hahahaha. Jadi kalau masih muda jangan takut hidup susah, harus berani,” kata Amrus.

Sama seperti Pekik, Amrus pun mulai menikmati jerih payahnya sebagai seorang seniman dengan karya bermutu artistik tinggi. Seorang kolektor bernama Etty Mustafa menggandengnya sebagai mitra. Etty bukan hanya menjadi kolektor khusus karya Amrus, tapi juga menjadi dealer yang memasarkan karya-karya Amrus yang laris manis karena melalui tiga genre media seni, mulai dari patung kayu, lukisan kanvas dan lukisan kayu. (*)

*) Wahyu Arifin, alumnus Universitas Negeri Jakarta. Pernah mampir kuliah di STF Driyarkara dan mengawali karir jurnalistiknya majalah Didaktika, Tabloid Transformasi dan sebuah  media cetak berklaim nasional.

Continue Reading

Budaya

Mengembalikan Kedigdayaan Maluku

mm

Published

on

Tak ada yang memungkiri, Tiongkok merupakan penguasa ekonomi awal abad XXI. Bahkan, tingkat pertumbuhan Tiongkok merupakan yang tertinggi kedua di dunia. Tiongkok dapat mengancam kedigdayaan ekonomi Amerika Serikat (AS). Padahal, hingga akhir abad XX AS merupakan penguasa ekonomi dunia, jauh meninggalkan Tiongkok.

Tak pelak, pencapaian yang diraih Tiongkok menimbulkan persaingan dengan AS. Bahkan, untuk menahan laju perekonomian Tiongkok, AS membangun jalur perdagangan transpasifik Trans Pacific Partnership (TPP) pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama 2009 lalu. Sedangkan, Tiongkok, membangkitkan kembali jalur sutera yang pernah dirintis oleh pedagang-pedagangnya pada awal masehi, untuk kembali menguasai perekonomian dunia.

Lalu di manakah posisi Indonesia? Sebagai negara yang memiliki posisi geografis yang sangat strategis, Indonesia dapat masuk dalam kedua kutub persaingan dua jalur perekonomian dunia. Tapi apakah Indonesia harus memilih salah satu diantaranya atau Indonesia dapat membuat poros baru perdagangan dunia?

Melalui buku ini, Komarudin Watubun mencoba menawarkan sebuah gagasan agar Indonesia untuk dapat membuat poros perekonomian dunia yang baru? Di mana, bagaimana, dan mengapa, Indonesia mesti membangun poros perekonomian itu?

Komarudin menawarkan gagasan bahwa Maluku dapat dijadikan sebagai poros perekonomian Indonesia abad XXI. Pertanyaan yang kemudian muncul, kenapa harus Maluku? Kenapa poros perdagangan dunia tidak dimulai di bagian Barat Indonesia yang sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dibandingkan wilayah Timur Indonesia seperti Maluku?

Secara umum, buku ini terdiri atas tiga bagian yakni kondisi Maluku dan Indonesia saat ini, sejarah Maluku, dan strategi untuk mewujudkan Maluku sebagai pusat perekonomian Indonesia dan dunia. Penulis mengungkapkan empat tesis untuk memperkuat alasan pemilihan Maluku menjadi titik perdagangan Indonesia dan dunia.

Pertama, tentu nilai historis dan ekonomis Maluku bagi Nusantara sejak abad XII hingga abad XX. Layaknya Tiongkok yang membangkitkan kembali jalur sutera, sejarah semestinya tidak menjadi benda mati dan hanya menjadi pelajaran menghafal di sekolah. Sebab, dalam perjalanan sejarah nusantara, Indonesia terutama Maluku pernah memiliki jalur perekonomian sendiri. Jalur tersebut dinamakan jalur rempah, Maluku menjadi titik pusatnya.

Dalam catatam sejarah, Maluku merupakan penghasil rempah-rempah terbaik dunia yang merupakan komoditas perdagangan termahal mengalahkan harga emas di dunia pada abad XVI. Bahkan, selama abad XVI—XVIII Maluku memasok kebutuhan rempah-rempah dunia yang melahirkan globalisasi, jaringan maritim dunia, inovasi, dan revolusi sistem keuangan dan korporasi global pertama kali di dunia (hlm.247).

Bahkan, karena kekayaannya, Spanyol dan Portugal sebagai kekuatan imperialis kuno memperebutkan Maluku. Perselisihan tersebut bahkan  menghasilkan Perjanjian Zaragoza yang membagi belahan bumi barat di antara Spanyol dan Portugal dan diprakarsai oleh Paus pada 7 Juni 1494.

Judul Buku : Maluku, Staging Point RI Abad ke-21 Penulis : Komarudin Watubun Penerbit : Yayasan Taman Pustaka Tahun Terbit : Cetakan I, November 2017 Tebal : vi + 431 halaman Harga : Rp.120.000

Namun, tak hanya dua negara tersebut yang memperebutkan Maluku, Belanda pun pada Dua abad setelahnya, ikut dalam persaingan memperebutkan Maluku. Sebab, siapa yang dapat menguasai rempah-rempah Maluku, maka akan dapat menguasai perdagangan Eropa (hlm.274) Hal itu merupakan nilai historis dan strategis Maluku.

Kedua, Geostrategis Maluku dan Indonesia. Posisi Maluku dan sekitarnya memiliki jalur-jalur terbuka yang sangat banyak, khususnya bila zona Maluku dan sekitarnya dijadikan basis produksi, penyedia, dan transit arus komoditi jasa, mineral strategis, manuisa, barang, jasa, uang dan informasi. Sebab, wilayah Maluku sangat terbuka ke Filipina, Brunei, Australia, Papua Nugini, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok hingga Australia.

Maluku dapat menjadi opsi lain sebagai titik pusat jalur perdagangan Indonesia. Sebab, bila mengikuti rute yang dibangun oleh Belanda yang berpusat pada Jakarta dan melalui commercial hub atau transit di Singapura yang dibangun oleh Inggris, maka komoditas dari Indonesia sangat terbatas. Tak hanya itu, jalur itu hanya menguntungkan Singapura (hlm.129).

Ketiga, faktor mineral strategis Maluku. Maluku memiliki kekayaan alam selain rempah-rempah yaitu ladang gas Blok Masela. Blok Masela merupakan ladang gas abadi yang dimiliki oleh Indonesia dengan cadangan gasnya yang bisa bertahan selama 70 tahun ke depan. Cadangan gasnya mencapai 10,73 triliun cubic feet (tcf).

Selain itu, produk dari gas dapat diolah kembali menjadi 200 produk turunan (hlm.74). Bahkan, Rizal Ramli saat masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan, apabila dikelola dengan baik, maka ladang Blok Masela dapat mengalahkan penghasilan gas dan minyak Qatar.

Keempat, seleksi alam dan segitiga arus alam Maluku selama ini pada tiga tingkat global.  Secara historis ratusan tahun sejak pramasehi, kebutuhan masyarakat dunia dapat dipasok dari kawasan arus alam Papua, Maluku, dan Nusa tenggara Timur (NTT). Zona tersebut merupakan satu garis alam (hlm.395).

Pola hubungan alam zona-zona tersebut saling terkait, saling mendukung, dan saling melindungi. Oleh sebab itu, penerapan strategi sosial, ekonomi, dan lingkungan pada zona tersebut akan perubahan signifikan dan bersamaan pada seluruh sektor yaitu pertanian, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan, dan perhubungan baik secara nasional maupun internasional.

Posisi Indonesia—terutama Maluku—yang sangat strategis semestinya dapat dijadikan untuk membangun poros perekonomian baru, bukan harus memilih antara jalur transpasifik AS dan jalur sutera Tiongkok. Tentu saja, pembangunan Maluku menjadi poros ekonomi baru Indonesia harus dapat menyejahterahkan rakyat Maluku dan Indonesia.

Sebab, hingga saat ini, dibalik kekayaan alam yang melimpah, Provinsi Maluku menjadi salah satu provinsi miskin di Indonesia. Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pengangguran Indonesia pada Agustus 2017 mencapai 7,04 juta orang atau naik 10 ribu orang dari bulan sebelumnya yang tercatat 7,03 juta. Dengan demikian, Provinsi Maluku menjadi daerah dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi (TPT) dengan persentasi 9,29 persen.

Oleh sebab itu, buku ini sangat layak untuk dibaca oleh semua kalangan, terutama pemerintah dan rakyat Indonesia khususnya Maluku. Bagi pemerintah, buku ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk membangun perekonomian yang berpihak pada rakyat. Sedangkan, bagi rakyat Maluku, buku ini mengingatkan agar kita tak lengah atau terlena dengan kekayaan alam yang dimiliki. Kita tentu tak ingin mengulangi kesalahan pengelolaan kekayaan alam yang kita miliki di Papua yang tak memberi dampak bagi rakyat Indonesia. Selain itu, buku ini banyak memiliki data-data yang sangat lengkap, baik data sejarah maupun data ekonomi dan geostrategis politik dunia.

Kita tentu tak ingin terus membenarkan sebuah adagium bahwa kekayaan alam suatu negara adalah kutukan. Kekayaan alam hanya menghasilkan konflik dan kemiskinan bagi sebuah negara. Kita tentu ingin membuktikan bahwa kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia dapat menyejahterakan rakyatnya. Sehingga, sila kelima dalam pancasila bukan lagi sebuah cita-cita, melainkan sebuah realitas dan keniscayaan bagi rakyat Indonesia.

*) Virdika Rizky Utama, Penulis dan Wartawan Majalah GATRA

Continue Reading

Budaya

Sejarah Laut Sulawesi Dan Kolonialisme

mm

Published

on

Sejarah Laut Sulawesi Dan Kolonialisme

Oleh : Kasmiati[1]

Judul buku : Orang Laut Bajak Laut Raja Laut | Penulis : Adrian B. Lapian

Penerbit : Komunitas Bambu (2009) | Tebal : xx + 284

Membaca sejarah laut merupakan usaha mengenali Indonesia yang lebih utuh. Sebuah usaha yang bersumber dari dalam untuk mengutamakan apa yang semestinya dari negri maritim, serupa Indonesia. Lautan. Lautan sebagai kekuatan, lautan sebagi rumah, lautan sebagai ruang hidup tempat bergantung sekian puluh juta penduduk negri. Namun sejarah ditulis secara timpang, hanya darat yang terus menerus dikisahkan. Sementara cerita tentang laut tidak banyak digarap Sejarawan. Padahal sebuah negri unsur utamanya adalah tanah dan air termaksud di dalamnya lautan. Dari sinilah titik pijak kegelisahan Adrian B. Lapian mengapa meneliti, menuliskan sejarah kawasan laut Sulawesi abad XIX yang meliputi tiga kata kunci utama yaitu Orang Laut, Bajak Laut dan Raja Laut. Abad ke ke XIX menjadi fokus penelitian karena pada masa ini proses perluasan kekuasaan maritim kolonial  dan di sisi lain terjadi kemunduran kekuasaan maritim bahari pribumi. Sehingga dianggap strategis untuk dikaji karena merupakan masa penentu bagi situasi abad XX dan sesudahnya (hal.2).

Buku ini dibuka dengan sebuah argumen yang mencoba mengantarkan kita bagaimana seharusnya memandang Indonesia yang merupakan negara kepulauan  (Archieplagic state), melalui penegasan makna kata archipelago yang berdasarkan kamus oxford dan Webster bahwa kata ini berasal dari bahasa Yunani, yakni arch (besar, utama) dan pelagos (laut). Jadi archipelagic state sebenarnya harus diartikan sebagai “negara laut utama” yang ditaburi dengan pulau-pulau, bukan negara pulau-pulau yang dikelilingi laut. Dengan demikian paradigma perihal negara kita seharusnya terbalik, yakni negara laut yang ada pulau-pulaunya, (hal.2). Paradigma ini semestinya yang menjadi pandu kita dalam membangun Indonesia. Namun nasi telah menjadi bubur, Indonesia terlanjur dibangun dengan sudut pandang yang sangat berorientasi daratan maka laut ditimbun menjadi darat, sumber daya darat diperebutkan sampai berdarah-darah, lalu laut dipunggungi, hanya terus dikuras, tidak pernah diurus.

Segala tentang laut semisal musim dipelajari hanya sebagai penanda waktu kapan mesti berlayar  dan arah mana perlu dituju agar ombak tak menerkam dan ekspedisi berjalan sesuai rencana. Dalam sejarahnya  jalur-jalur laut dikaji agar selamat menempuh perjalanan menaklukkan kekuatan raja-raja setempat untuk menguasai sumberdaya alam bumi nusantara. Hal ini bisa terbaca misalnya dari usaha Portugis dan Spanyol pada abak ke XVI berlayar melalui utara pulau Sulawesi dan Kalimantan untuk menghindari laut Jawa dan Flores yang mana kekuasaan bahari setempat masih sangat kuat dan juga untuk meringkas jarak pelayaran hingga  200 leagues untuk sampai di kepulauan Maluku.

Sebagaimana kita tau bahwa kepulauan Maluku di masa lalu adalah tempat muasal kemewahan yang paling diincar dan diinginkan seluruh bangsa-bangsa, tempat rempah-rempah termahal—pala dan cengkih—tumbuh. Salah satu cerita tentang pentingnya pulau-pulau di Maluku  dapat kita baca melalui karya Milton (2015) mengenai Pulau Run tempat pala terbaik tumbuh pernah diperebutkan oleh Belanda dan Inggris. Oleh Belanda, Pulau Run ditukar dengan Manhattan. Salah satu kota yang merupakan bagian dari New York ini diberikan kepada Inggris.  Roelofsz (2016) juga mencatat bahwa cengkeh yang berasal dari lima pulau di Maluku –Ternate, Tidore, Makian, Mortir, dan Bacan—juga sangat penting dalam perdagangan  di wilayah Indonesia. Penemuan rempah-rempah di timur Indonesia ini merupakan daya tarik utama, masuk dan mencokolnya kolonialisme. Korban utama dari kolonialisme yang hidup di Indonesia adalah pribumi termaksud di dalamnya raja laut, Orang Laut hingga bajak laut.

***

Kategori Orang Laut atau yang biasa disebut sebagai bajau atau orang bajo (dan beberapa penyebutan lainnya seperti Orang Sama, Samal merujuk pada mereka yang memang menjadikan lautan sebagai ruang utama dalam melaksanakan berbagai macam aktifitas. Orang Laut dalam hal ini dapat diartikan sebagai mereka yang masih hidup di perahu, berumah di lautan meskipun pada waktu tertentu kadang menepi ke pesisir tapi tidak tinggal secara permanen  atau selamnya pada suatu tempat tertentu, melainkan hanya sejenak. Seperti ketika melakukan pertukaran dalam usaha memenuhi beberapa kebutuhan hidup.Namun  pemerintah menganggap Orang Laut ini sebagai suku terasing sehingga ada upaya pendaratan/ mendaratkan Orang Laut agar lebih beradab. Namun abai melihat proses adaptasi terhadap alam dan lingkungan yang telah terbangun dalam budaya hidup Orang Laut selama ini.

Situasi ini menunjukkan ketidak berpihakan pemerintah terhadap minoritas, terhadap Orang Laut. Maka, jika hari-hari terakhir ini kita banyak menyaksikan pulau-pulau ditimbun atas naman pembangunan pada dasarnya bukan hal baru.

Meskipun tidak selalu karena kebijakan dari pemerintah namun proses pendaratan berlangsung sejak lama.  Peralihan dari laut ke darat telah dilaporkan sejak abad ke XVI. Tampaknya dalam proses menjadi modern budaya bahari banyak ditinggal. Hal ini berkait kelindang dengan kolonialisme yang masuk dan tumbuh di wilayah kuasa kerajaan nusantara.

Pelayaran, Penaklukkan dan Proses Pendaratan

Orang Laut salah satu bagian penting dari kehidupan laut yang seringkali disalah mengerti. Banyak sekali naskah-naskah awal yang menceritakan tentang Orang Laut yang dianggap pemalu. Tapi lebih sering dicitrakan sebagai orang yang kasar dan kejam. Maka Orang Laut diasosiasikan sebagai bajak laut. Padahal Orang Laut dan bajak laut merupakan dua hal yang berbeda. Meskipun terkadang ada kerjasama di antara keduanya untuk melawan musuh bersama atau juga kadang Orang Laut ditaklukan oleh bajak laut sehingga mereka terpaksa bertindak sebagai perompak. Dalam kasus lain wilayah teritorial Orang Laut terkadang diganggu, memaksa mereka melakukan perlawanan atau bertindak kasar.

Meski demikian catatan Leonard Andaya menunjukkan sisi lain Orang Laut yang digambarkan sebagai kelompok yang sangat loyal dan setia pada Sultan dan mempunyai peranan penting dalam kerajaan Johor dan Melaka. Di dalam struktur kekuasaan kerajaan, kelompok orang laut merupakan salah satu komponen vital, sesudah sultan, para menteri dan orang kaya. Karena loyalitas Orang Laut sangat kuat dan hangat terhadap Sultan mereka merupakan kekuatan yang sangat diandalkan, baik terhadap ancaman dari luar maupun terhadap ronrongan dari dalam, misalnya terhadap meningkatnya kekuatan Orang Kaya, (hal.104). Ini menjukkan kekuatan Orang Laut merupakan benteng pertahanan Sultan untuk menjaga keseimbangan kerajaan dari berbagai bentuk serangan.

Ketika Portugis menduduki Melaka pada tahun 1511 dan memaksa Sultan berpindah hingga ke Johor dan Riau yang kemudian diserangnya juga pada tahun 1526 maka Orang Laut lah yang menjemput Sultan untuk mengungsi. Dan pada awal abad ke XIX ketika kerajan Riau-Johor dalam masalah pergantian tahta, Raffles telah berhasil menduduki Singapura. Maka, kehadiran Inggris yang berambisi “menguasai gelombang” tidak lagi memungkinkan Johor untuk berperan sebagai negara maritim, (hal.107) dari sinilah kemudian perhatian kerajan terhadap laut beralih ke daratan, sehingga peranan orang laut menjadi tidak penting dan relevan dalam pembangunan kerajaan atau negri.

Kehadiran bangsa-bangsa asing dan penaklukanya terhadap raja-raja nusantara menyebabkan proses daratanisasi terjadi. Karena jalur-jalur laut telah dikuasai sehingga para raja terpaksa meninggalkan laut. Proses daratanisasi kemudian menyajarah dan terus belangsung hingga hari ini, dimana korban pertamanya adalah orang laut yang terpaksa menyingkir dari pusat-pusat kekuasaan dan pemerintahan.  Berlayar jauh ke pulau-pulau kecil, terpencil—menuju timur—.

Maka bukan hal yang mengherangkan ketika saat ini kita menemukan lebih banyak orang-orang laut yang bermukim di wilayah timur Indonesia.

***

Dulu, pelayaran merupakan satu-satunya jalan masuk para kolonialis untuk tiba di pulau-pulau rempah. Jalur darat dan udara masih sangat tidak memungkinkan. Hasrat menaklukkan para kolonialis ini sangat besar, bukan hanya di darat tetapi sejak berlayar di lautan. Penaklukkan di laut terkadang melalui jalan kekerasan atau perompakan sebagaimana yang dilakukan oleh para bajak laut tapi jika yang melakukan semisal VOC (perusahan dagang milik belanda) dalam kecamata barat dilaporkan sebagai “korsario” yaitu tindakan kekerasan di lautan namun di restui negara. Padahal tindakan seperti VOC—sebelum menjadi kekuatan politik di Asia— merupakan tindakan bajak laut “pirate”.

Pirate atau Bajak Laut adalah orang yang melakukan kekerasan di laut tanpa mendapat wewenang dari pemerintah untuk melakukan tindakan itu. Dengan kata lain perbuatan itu dilakukan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan suatu kelompok tertentu. Dalam hal ini melanggar hukum negara dan dianggap sebagai seorang kriminal (hal.117).

Maka Bajak Laut dalam istilah bahasa Indoensia yang mengandung pengertia kata “ pirata dan korsario” tidak terlalu menyimpang, meksipun pada kasus tertentu dapat dibuat pembedaan yang tegas (hal. 118).  Cerita tentang bajak laut ini merupakan berita yang sudah tertulis lama seperti yang tertuan dalam catatan perjalanan  Faxian (Fah-Hsien) yang dalam perjalanannya pulang dari India ke negri Cina (413-414) mengatakan bahwa “laut [Asia Tenggara]  penuh dengan bajak laut, barang siapa bertemu mereka akan menemui ajalnya, (hal.122).

Adrian B. Lapian juga membuat kesimpulan bahwa selama abad ke V sampai dengan abad ke XIV berita mengenai bajak laut terpusat di daerah selat malaka. Namun keadaan berubah semenjak abad ke XV. Terlebih dengan munculnya kapal Portugis dan Spanyol pada abad ke XVI yang bertujuan mengambil rempah-rempah dari Maluku, maka berita tentang pelayaran di wilayah bagian timur  mulai banyak ditemukan dengan demikian muncul pula berita tentang kegiatan bajak laut di sana, (hal.125).

Sialnya para bajak laut yang bermunculan ini seringkali diidentikkan sebagi orang laut padahal belum ada bukti nyata yang dapat mendukung argumen jikalau setiap orang laut adalah bajak laut. Pandangan tentang bajak laut ini memang seringkali subjektif seperti yang disimpulkan sendiri oleh A.B Lapian bahwa pandangan yang dimiliki umum tentang bajak laut didasarkan atas pandangan kekuatan yang menumpasnya.  Dan untuk kasus Asia Tenggara sumber tentang bajak laut berasal dari masa ketika kekuatan yang menumpasnya—kekuatan kolonial—sedang giat mengadakan ‘pemberantasan’ fenomena yang disebut bajak laut, (hal.159).

Tindakan yang dicap bajak laut terkadang merupakan bentuk perlawanan terhadap kekuatan kolonial seperti serangan “Moro” di Filipina pada abad XVI dan XVII pada dasarnya pernyataan perang terhadap Spanyol. Namun dalam kepustakaan barat hal ini dianggap serangan bajak laut atau apa yang dilakukan orang Tobelo pada akhir abad ke XVIII dianggap sebagai kegiatan bajak laut. Padahal ini bukan tindakan murni untuk merompak tapi  Orang Tobelo yang merupakan pengikut dari Sultan Nuku tengah melakukan perlawanan terhadap penguasa di Tidore dan VOC yang berada di Ternate. Perlawanan-perlawanan seperti ini tentu menyusahkan Belanda—dalam hal ini VOC—. Amal, (2010) mencatat bahwa pada dekade kedua menjelang 1800, VOC mengalami kemorosotan laba yang sangat drastis. Hal ini terutama disebabkan  pengeluaran biaya peperangan yang demikian besar.

Raja Laut dan Penguasaan Laut

Selain bajak laut, raja laut merupakan satu terminologi penting dalam kebudayan maritim. Raja laut dalam kawasan laut Sualwesi merupakan tokoh yang memimpin kekuatan laut kerajaan. Raja laut merupakan kekuatan laut yang resmi. Namun pada awal abad ke XIX kekuatan laut asing masuk ke wilayah perairan Asia. Hasrat untuk berkuasa yang didukung oleh tekhnologi yang lebih maju sangat  membantu mereka dalam menyingkirkan keuasaan raja laut sebelumnya.

Takluknya raja-raja laut nusantara menyebabkan kekuasaan asing menguat.  Maka, ketika memasuki abad XX perairan Asia Tenggara telah dikuasai kekuatan asing itu (hal. 173).  Pembagian wilayah kekuasaan kemudian hanya dilakukan sesama penguasa asing tersebut tanpa melibatkan lagi raja-raja nusantara yang semakin lemah. Pada abad ke XIX raja laut terkuat adalah Inggris yang paling menguasai tekhnologi kemudian disebut sebagai Adi-Raja Laut bersama Spanyol dan Belanda. Namun di akhir abad ke XIX kekuatan Spanyol jatuh ke tangan Amerika dan pada  abad ke XX menjadi Adi Raja Laut.

Situasi penguasaan dan pembagi-bagian kekuasaan yang terjadi di masa lampau oleh negara-negara maju yang lebih menguasai tekhnologi masih sangat terasa. Jika dulu kolonialisme  maka hari ini imperialisme yang wataknya sama saja untuk menguras sumber daya yang ada di Indonesia.

Daftar Pustaka

Amal, MA. 2010.Kepulauan Rempah-Rempah Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia

Milton, G. 2015. Pulau Run Magnet Rempah-rempah Nusantara yang Ditukar dengan Manhattan. Tangerang Selatan: Alvabet

Roelofsz, MAPM. 2016. Persaingan Eropa dan Asia di Nusantara Sejarah Perniagaan 1500-1630. Depok: Komunitas Bambu

 

[1] Perempuan, penikmat sejarah yang saat ini mengelolah Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PESKP)  Fakultas Ekonomi Univ.Muhammadiyah Kendari

Continue Reading

Classic Prose

Trending